Awalnya Terpaksa Lama-Lama Jadi Cinta

Awalnya Terpaksa Lama Kelamaan Jadi Cinta

Duh terpaksa nih aku melakukan ini”

Apakah kamu termasuk seseorang yang pernah mengeluhkan hal ini? Jika iya apa yang akan kamu lakukan? Jawabannya bisa ada dua kemungkinan.

Pertama kamu bisa menjawab:

Ga betah lagi. Sudahi saja. Aku harus ambil jalan lain”

Bersyukurlah  jika kamu masuk kategori pertama. Itu artinya kamu beruntung karena masih punya pilihan lain. Tidak lagi ada beban untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai atau inginkan lagi.

Meski di awal kamu harus nyemplung sebentar untuk merasakan pahitnya melakukan sesuatu dengan keterpaksaan. Tetapi pada akhirnya kamu bisa berusaha mendapatkan pilihan atau kesempatan lain.

Lalu bagaimana dengan yang kedua?

Jawabannya:

Ya mau gimana lagi. Tidak ada pilihan lain

Tidak semua orang bisa mendapatkan privilege akan banyaknya pilihan. Mereka harus struggle menjalani keterpaksaan itu sampai selesai. Misalnya ketika kamu terpaksa kuliah di jurusan yang tidak kamu inginkan. Atau ketika kamu terpaksa menjalani karir yang tak sejalan dengan passionmu. Haruskah terus-terusan mengutuk keadaan seperti ini?

Padahal terpaksa itu tidak selalu berkonotasi negatif loh.

Ada banyak tokoh hebat yang sukses karena telah berhasil melewati fase kehidupan dengan terpaksa.

Sukses Karena Terpaksa

Chairul Tanjung, seorang pengusaha sukses yang memulai karirnya dari keadaan terpaksa. Bukan karena pendidikan, keturunan atau kesempatan. Beliau terpaksa menjadi pengusaha karena untuk bertahan hidup dan membiayai kuliahnya. 

Saat kuliah di Fakultas kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Beliau memulai bisnisnya dari photo copy hingga menjual peralatan kedokteran gigi. Siapa sangka dari keterpaksaan itu usahanya berkembang pesat menjadi CT Corp yang kita lihat sekarang ini.

Chairul Tanjung saat ini menduduki posisi ke-6 orang terkaya di Indonesia dan ke-648 di dunia menurut Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 3,1 Miliar atau setara Rp 50 Triliun.

Siapa yang tak kenal Sandiaga Uno?  Dulunya Beliau adalah seorang professional. Namun saat krisis moneter di tahun 1997, Sandi mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika. Akhirnya Beliau pun kembali ke Indonesia  dan terpaksa berwirausaha setelah ditolak oleh 25 perusahaan.

Sandiaga Uno sempat menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia urutan ke-47 vesi Forbes tahun 2013. Majalah Globe Asia juga memasukkan Sandi di posisi 85 dalam daftar orang –orang terkaya di Indonesia tahun 2018.

Taukah Kamu Kalau Terpaksa Lama-lama Bisa Berubah Menjadi Cinta?

Mereka yang sukses dari keadaan terpaksa tentunya butuh perjuangan yang panjang. Jika dibandingkan dengan orang-orang yang melakukan sesuatu atas dasar kesukaan/passion, maka dia butuh perjuangan yang super keras.

Awalnya memang susah sekali menjalaninya. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata benih-benih cinta itu tumbuh. Bahkan bisa menjadikan kesukesan jalan hidupnya

Kalau diurutkan fasenya mungkin seperti berikut ini

Terpaksa- Terbiasa- Bisa- Enjoy-Cinta

Ketika kamu menjalaninya dengan tekun kamu akan jadi terbiasa. Terbiasa melakukan sesuatu hal yang tak disukai akan menjadi tantangan besar di awal. Hal ini bisa juga terjadi ketika kamu terpaksa melakukan sesuatu yang tidak mampu kamu lakukan.

Jika kamu berhasil melewatinya kamu akan bisa menaklukkan rasa terpaksa. Lama kelamaan rasa itu akan berubah menjadi enjoy hingga akhirnya akan tumbuh benih-benih cinta.

Bagi kamu yang merasa salah jurusan, terpaksa menjalani karir yang tidak kamu sukai, atau berbagai masalah lain, tak ada salahnya meneruskan perjuanganmu.

Siapa tahu bisa menemukan cinta tersembunyi dibalik keterpaksaan itu. Dan dari cinta itu kamu bisa mencapai kesuksesan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

*Featured Image by mohamed Hassan from Pixabay

Share

Nihayatun Ni'amah

A scientist who has passion in technology, business, and education

You may also like...

4 Responses

  1. Kartika says:

    Sama nih kayak ceritaku dulu, meski aku belum sesukses CT dan SU ya 😅

    Tadinya mau jadi arsitek. Gegara nggak tembus ujian masuk universitas negeri, jadinya masuk diploma akuntansi aja deh daripada nganggur setahun. Eh ternyata malah jatuh cinta sama akuntansi. Dan sampai sekarang juga masih berkarir di bidang akuntansi. Ada hikmahnya juga terpaksa di awal 🤠🤠🤠

  1. August 9, 2020

    […] Baca Selengkapnya […]

  2. August 17, 2020

    […] Nihayatun Ni’amah : Awalnya Terpaksa Lama-Lama Jadi Cinta […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: