Lampu Pintar Bardi: Ramah di Kantong dengan 7 Keunggulan

Penampakan Lampu Pintar Bardi

Sekarang ini ketergantungan kita terhadap smart phone semakin tak terelakkan. Seolah olah kita tak bisa hidup tanpanya. Sehari tanpa smart phone rasanya hampa.

Bagaimana tidak? Berbagai kebutuhan hidup kita sekarang mulai beralih kontrolnya hanya dalam genggaman kita.

Teknologi smart home misalnya. Meski di Indonesia masih belum terlalu booming, ke depan teknologi ini akan digadang-gadang sebagai konsep hunian masa depan. Perusahaan elektronik juga sudah banyak menciptakan produk yang mendukung teknologi ini.

Perangkat rumah tangga seperti lampu, kulkas, AC, TV, gagang pintu bisa dijumpai di berbagai toko online maupun offline. Perangkat tersebut dapat dengan mudah kita kendalikan menggunakan smart phone.

Kemarin saya mencoba produk lampu pintar (smart lamp) dari Bardi Smart Bulb 9W RGB WW. Bardi merupakan merk lokal Indonesia yang memiliki fokus terhadap perangkat pendukung smart home.

Meskipun lokal, produk ini tidak kalah kualitasnya dan ramah di kantong. Dengan berbagai keunggulannya lampu ini hanya dibanderol Rp 115.000.

Spesifikasi Lampu Bardi

Apa saja sih keunggulannya? Berikut saya jelaskan dari spesifikasi dan fitur aplikasinya.

1. Kombinasi Warna RGB hingga 16 juta warna

Bagi yang bosan dengan warna putih lampu biasa, lampu pintar Bardi lah solusinya. Lampu ini dapat diatur warnanya menggunakan aplikasi di smart phone.  Bisa memilih warna sesuka hati.

Ketika lagi bergairah dan bersemangat  misalnya, tinggal atur warna merah. Saat hati mendambakan kesejukan dan kesegaran tinggal pencet warna hijau. Atau ketika butuh kehangatan warna orange bisa jadi pilihannya.

Tampilan pengaturan warna di aplikasinya seperti ini

Tampilan Seting Warna Lampu Pintar Bardi

Bagi yang penasaran hasil pengaturannya gimana saya sertakan foto-fotonya.

2. Tingkat Kecerahan Lampu Pintar Bardi Hingga 900 Lumens

Lumen merupakan satuan pengukuran standar untuk jumlah cahaya yang dapat dihasilkan oleh sumber cahaya. Sederhananya, lumen menunjukkan tingkat kecerahan sumber cahaya.

Semakin tinggi nilai Lumen, maka semakin terang cahaya yang dihasilkan lampu tersebut.

Lampu pintar Bardi yang saya gunakan ini bisa dicerahkan hingga 900 lumens dan diredupkan hingga 90 lumens. 

Saya tidak perlu repot-repot membeli beberapa lampu untuk berbagai keperluan. Cukup dengan satu lampu bisa menghemat semuanya.

Setting kecerahan warna putih lampu pintar Bardi

Lampu ini saya coba di kamar tidur. Saya tidak butuh lagi penerangan tambahan untuk membaca karena bisa saya atur kecerahannya sampai maksimal 100% (900 lumen). Saya juga tak perlu pindah ke ruangan yang lebih terang.

Fitur ini juga membantu saya untuk tidur. Sebelumnya saya gunakan lampu tambahan khusus untuk lampu tidur supaya tidak terlalu terang.

Dengan lampu Bardi ini, saya cukup meredupkannya dengan satu lampu. Tidur pun lebih nyaman dan nyenyak.

3. Dapat Menyala Berwarna –warni Mengikuti Musik

Pernah ga kesusahan mendiamkan anak kecil yang sedang menangis? Smart Lamp Bardi bisa mengatasinya loh. Kok bisa?  Iya donk, karna lampu pintar Bardi dapat menyala berwarna-warni mengikuti musik yang sedang kita putar. 

Tampilan Mode Musik Lampu Pintar Bardi

Saat kita putar musik, Bardi secara otomatis berganti warnanya tergantung musik kita. Dijamin anak kecil pasti senang melihatnya dan berhenti nangisnya. Sangat menarik bukan? Apalagi kalau musik yang kita putar ajib-ajib. Kita bisa merasakan sensasinya lampu disko di rumah kita.

4. Skenario Pencahayaan Bervariasi

Fitur ini membuat kita bebas mengatur scenario pencahayaan. Saat ini ada 8 variasi yaitu Night, Working, Read, Leisure, Soft, Colorful,  Dazzling, Gorgeus. 

Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai contoh untuk variasi “Working” yang dapat diaktifkan saat kita sedang  bekerja. Jika kita mengaktifkan “Dazzling” maka lampu pintar Bardi ini akan berubah warna secara otomatis bergantian tanpa harus diiringi musik.

5. Dapat Diatur Menggunakan Suara

Selain dapat diatur dengan aplikasi, lampu pintar ini juga dapat dikendalikan menggunakan suara melalui Google Assistant atau Amazon Alexa.

Saya cukup mengatakan “Hidupkan Lampu”, maka secara otomatis lampu akan hidup sendiri sembari menjawab “Baik, menghidupkan Bardi 9w rgbww bulb”

Jangan lupa sebelum mengatakan hal tersebut terlebih dahulu menginstal Google Home dan atur konfigurasinya dengan me-link-kan dengan lampu pintar di aplikasi Bardi.

6. Pengaturan Schedule ON-OFF.

Dengan memakai fitur ini, saya bisa secara otomatis menghidupkan atau mematikan lampu sesuai jam yang telah dijadwalkan. Bisa diatur sekali, hari tertentu, atau setiap hari. Saya tidak khawatir lupa mematikannya  saat sebelum berangkat kerja rutin.

7. Masa Pakai Lampu Pintar Bardi 50.000 jam

Masa pakai lampu pintar ini cukup besar yaitu 50.000 jam. Katakanlah dalam satu hari dinyalakan dari jam 5 sore hingga jam 6 pagi (13 jam) maka lampu bisa dipakai selama 3846 hari atau setara dengan lebih dari 10 tahun. 

Jadi selama 10 tahun, saya tidak perlu repot mengganti dan bisa menghemat pengeluaran.

Bagaimana banyak sekali bukan keunggulannya? Setelah membacanya apakah Anda tertarik membeli Lampu Pintar Bardi ini? Jangan khawatir, Anda bisa membelinya di sini.

Share

Nihayatun Ni'amah

A scientist who has passion in technology, business, and education

You may also like...

2 Responses

  1. Aldo says:

    Saya udah beli, dan bagus banget produknya

Leave a Reply

%d bloggers like this: